Home Index Tips Merawat Vespa Tetap Kondisi Maksimal

Tips Merawat Vespa Tetap Kondisi Maksimal

0
SHARE

Kendaraan antik buatan Italia memang gampang-gampang susah untuk bagian perawatannya karena vespa sendiri terbuat dari plat baja yang tentu saja sangat mudah berkarat bila tak handal dalam perawatan, tapi disitu lah vespa menjadi lebih istimewa.

Untuk kendaraan buatan eropa yang satu ini cukup bandel adalah perawatan bagian body karena sangat rawan akan karat yang membuat body tidak stabil bahkan patah. Berikut tips agar body vespa kesayangan anda bisa tetap kinclong dan terawat dengan baik:

•  Pada saat pemakaian jangan pernah lupa membilas kembali vespa anda dengan air bersih apalagi sehabis hujan turun karena air hujan terbentuk lewat proses kimia yang panjang, dalam perjalanannya air ini berpotensi mengandung zat-zat tertentu yang bisa membuat besi jadi mudah berkarat (hati-hati saat membilas dengan air agar tidak masuk ke karburator).

•  Dengan memamakai sarung motor (cover body). Jadi pada saat vespa anda tidak digunakan bisa ditutup, sehingga terjaga dari suhu dan debu menempel yang bisa menyebabkan timbul bercak karat.

Bagian mesin juga harus terus dikondisikan agar selalu optimal dalam pengoprasian, apalagi vespa anda dipakai untuk setiaphari. Untuk bagian mesin bisa selalu mengecek bagian- bagian penting agar selalu dalam kondisi prima. Karena vespa pada saat mogok tidak bisa diprediksi, maka dari itu cegah lah dengan tips-tips dibawah.

Beberapa tips agar mesin tetap joss:

•  Busi selalu cek minimal seminggu sekali, karena vespa 2 tak memiliki efek samping menimbulkan kerak pada kepala busi yang membuat pengapian tidak optimal.

•  Karburator cukup sebulan sekali dengan membongkarnya lalu membersihkan dengan bensin atau dengan disemprot dengan angin bertekanan tinggi apabila tidak mau repot cukup bawa vespa anda kebengkel vespa terdekat.

•  Tanki bensin juga bisa menyebabkan mandek nya vespa anda, pada saat membersihkan karburator sebaiknya menguras tangki bensin dan membersihkannya dari kotoran yang masuk. Karena kotoran itu akan menghambat turunnya bensin ke karburator.

Dengan mengikuti tips di atas dijamin vespa akan terus selalu tokcer dijalan tanpa harus takut mogok. (arf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here