Home Agenda Keluarga Besar Mangunkusuman Gelar Pertunjukan Wayang Kulit di Djoglo Ageng Ciputat

Keluarga Besar Mangunkusuman Gelar Pertunjukan Wayang Kulit di Djoglo Ageng Ciputat

0

Dalam rangka melestarikan budaya, paguyuban keluarga besar Mangunkusuman mengadakan pagelaran wayang kulit purwa untuk masyarakat sekitar di Djoglo Ageng, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel).

Penyelenggara serta pencetus ide, Dr Trijatmo Rachimhadi mengatakan, acara yang digelar tadi malam hingga menjelang subuh ini dilakukan untuk memperkenalkan wayang kulit kepada masyarakat khususnya remaja dan anak-anak.

“Acara pertunjukan wayang kulit ini pertama, untuk melestarikan budaya dan kedua, untuk mengenalkan kepada anak muda atau cucu kita karena kebanyakan anak sekarang tidak mengenal seni wayang kulit,” ujar Dr Trijatmo Rachimhadi yang berasal dari Solo.

Acara dibuka dengan penyerahan wayang Hanoman kepada dalang. Sang Hanoman ini dijadikan sebagai simbol atau lambang dari keluarga besar Mangunkusuman karena menurutnya sang Hanoman senantiasa akan menjaga dan mengawasi sebagaimana ia menjaga trah Ayodya dan trah Bharata.

20161001_214440

Kemudian wayang kulit ini pernah dijadikan salah satu hiburan masyarakat yang paling difavoritkan sebelum teknologi berkembang. Orang-orang dulu rela tidak tidur untuk menyaksikan pagelaran wayang kulit karena biasanya wayang kulit ini digelar dari malam hingga menjelang subuh.

Pagelaran wayang kulit purwa yang bertemakan ‘Wahyu Purba Sejati’ ini menceritakan dua kisah yang berbeda generasi yaitu kisah Mahabharata dan kisah Ramayana yang disatukan dengan cara reinkanasi.

Pagelaran ini baru pertama kali dilakukan oleh paguyuban keluarga besar Mangunkusuman dengan harapan bisa terus diselenggarakan setiap tahunnya.

20161001_204549

“Sebenarnya ini pagelaran yang pertama kali kami lakukan dan semoga pagelaran ini bisa terus dilaksanakan setiap tahunnya,” ujar Dr Trijatmo Rachimhadi yang pernah menjadi dosen kedokteran di Universitas Indonesia. (Tan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here