Home Berita Massa KASBI Unjukrasa Disnakertrans Soal Upah Buruh Kabupaten Tangerang

Massa KASBI Unjukrasa Disnakertrans Soal Upah Buruh Kabupaten Tangerang

0

Ratusan buruh tergabung dalam Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Banten, hari ini melakukan aksi unjukrasa di gedung Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Tangerang. Unjukrasa digelar terkait pengupahan yang akan disahkan pada 20 November 2016 mendatang.

“Kedatangan kami ke sini hanya ingin mengetahui atau meminta informasi akan kebijakan Dewan Pengupahan mengenai kenaikan UMK pada tahun 2017,” ujar Ketua KASBI Banten, Burhan, Senin (3/10/2016).

Dari keseluruhan serikat buruh yang terdaftar di Dewan Pengupahan hanya 12 serikat buruh yang ikut serta dalam servei pasar dengan Dewan Pengupahan. Sedangkan KASBI sendiri di nomor urut yang ke 14. “Jadi kami tidak pernah ikut serta dalam pembahasan kenaikan upah buruh,” lanjut Burhan.

KASBI juga menolak akan peraturan pemerintah (PP) No 78 tahun 2015, karena isi dari kebijakan tersebut sama dengan politik upah murah.

Kepala Bidang Perhubungan Industrian dan Kesejahteraan Ketenagakerjaan Denny Rohdiani mengungkapkan, Dewan Pengupahan sudah melakukan Sample terhadap 36 perusahaan yang berada di Kabupaten Tangerang mengenai perkembangan Inflansi.

“Mengenai perkembangan Infalansi upah buruh sangat variatif, karena dari 36 perusahan yang kami jadikan sample, kami menerapkan Super Visi dalam mendengar semua kebijakan 36 perusahaan,” paparnya.

Untuk kenaikan UMK pada tahun depan, sudah diajukan kepada Bupati Tangerang, namun semua kewenangan itu ada di Gubernur. (Yan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here