Home Berita Mapala STACIA UMJ Susuri Goa Terpanjang di Indonesia

Mapala STACIA UMJ Susuri Goa Terpanjang di Indonesia

0

Unit kegiatan mahasiswa pecinta alam (Mapala) Stacia Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) melakukan eksplorasi Goa Salukang Kallang yang menjadi Goa terpanjang di Indonesia dengan panjang 27 kilometer terletak di kawasan Desa Semangki, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Caver, (sebutan bagi penelusur Goa) Andriyansyah menjadi anggota yang didelegasikan untuk mengeksplorasi  bersama seluruh delegasi Mapala seluruh Indonesia dalam perhelatan nasional tahunan, Temu Wicara dan Kenal Medan (TWKM) ke-28 yang diadakan Mapala Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar.

“Saya didelegasikan mewakili Mapala STACIA pada acara TWKM bersama ketua umum, dan saya ditugaskan mengikuti divisi caving mengeksplor Goa Salukang Kallang,” ucap mahasiswa yang karib disapa Mandel itu kepada tangerangonline.id saat di hubungi melalui pesan elektronik, Kamis (27/10/2016).

Dirinya juga mengatakan, Goa Salukang Kallang adalah jenis Goa berair dengan memiliki banyak ornamen yang sangat memanjakan mata seperti stalaktik, stalakmid , sodastro, pilar, Hoston, dan gordan. Pada Goa itu, Mandel menuturkan, dengan kedalaman setinggi  70 meter dilakukan dengan kelengkapan alat lengkap  untuk dapat memasuki Goa tersebut.

“Sangat indah dan mendebarkan, kedalamannya 70 meter harus kita tempuh saat mengeksplorasi,” bebernya.

Ketua umum Mapala STACIA UMJ, Arif Pranoto menegaskan, agar eksplorasi yang dilakukan dapat menjadi pengalaman yang dapat dibagikan kepada seluruh anggota. Dan atas pengalaman itu, lanjut Arif, juga sebagai penambah motivasi untuk terus melakukan aksi pelestarian lingkungan.

“Ini memang dalam rangka acara nasional Mapala dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia, selain eksplorasi berbagai divisi adventure kita juga turut membahas berbagai isu lingkungan di Indonesia bersama peserta delegasi lainnya, sebagai komitmen atas peran kita untuk terus menjadi anak bangsa yang konsern melestarikan lingkungan. Salam lestari,” pungkas Ketua umum periode 2016-2017 itu. (Bar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here