Home Berita Peringati Hari Air Sedunia, Pemkab dan BBWS Tanam 200 Pohon

Peringati Hari Air Sedunia, Pemkab dan BBWS Tanam 200 Pohon

0

Pemerintah Kabupaten Tangerang bersama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane menanam 200 pohon di Kampung Waru 2, Desa Suka Harja, Kecamatan Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang, Senin (20/3/2017).

Penanaman pohon dalam peringatan ke-25 Hari Air Sedunia itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Iskandar Mirsad mengatakan, Pemerintah Kabupaten Tangerang pun telah melakukan MoU dengan Kementerian PU dan BBWS untuk merevitalisasi 26 situ di Kabupaten Tangerang.

“Salah satunya selain Situ Pondok, Desa Sukaharja, Kecamatan Sindang Jaya, kami juga sedang melakukan revitalisasi di seluruh situ yang berada di Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang,” katanya.

Dirinya pun menjelaskan, sebesar Rp 200 miliar lebih alokasi dana yang sudah Pemkab Tangerang terima dari BBWS untuk melestarikan sungai dan situ di Kabupaten Tangerang.

“Alokasi dana Rp 200 miliar lebih tersebut kami gunakan untuk mengembalikan fungsi sungai dan situ, yang sekarang sedang kami lakukan dari tahun lalu yaitu pengerukan situ Cilongok, revatilisasi sungai Cirarap, Cimanceuri dan situ-situ yang lain,” jelas Sekda.

Pemkab Tangerang juga menyambut baik acara seperti ini, kalau bisa acara menanam pohon ini bisa lebih sering dilaksanakan, karena semakin sering acara ini dilaksanakan akan semakin banyak pohon yang di tanam di tepi sungai dan situ di Kabupaten Tangerang.

Kepala BBWS Teku Iskandar, menjelaskan, sebanyak 182 aliran sungai di Indonesia mulai kritis. “Kritisnya aliran sungai lah yang menjadi acuan kami untuk bekerjasama dengan Pemda untuk menanam pohon di tepi-tepi danau atau situ,” tuturnya.

200 pohon yang akan ditanam pada hari ini ialah pohon mahoni, pohon belimbing, pohon mangga dan pohon alpukat, dan seblumnya pun pihaknya juga melakukan hal yang sama di wilayah Depok dan Bogor.

Cindra mata penghargaan pun diberikan olah BBSW kepada Pemda Kabupaten Tangerang yang telah berperan aktif membantu BBSW dalam melestarikan sungai dan situ yang berada di Kabupaten Tangerang. (Yan)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here