Home Berita Moda Transportasi LRT Dinilai Berpotensi Tingkatkan Ekonomi

Moda Transportasi LRT Dinilai Berpotensi Tingkatkan Ekonomi

0

Pembangunan moda transportasi kereta layang ringan atau Light Rail Transit (LRT) dinilai berpotensi meningkatkan sejumlah indikator seperti perkembangan ekonomi, investor hingga perkembangan infrastruktur yang terus berpengaruh hingga lini bawah. 

Demikian tersebut disampaikan Kepala Bappeda Provinsi Banten, Hudaya Latuconsina saat menjadi narasumber dalam diskusi bersama pemuda Kota Tangerang pada, Jumat (31/3) di gedung KNPI Kota Tangerang.

“Rencananya jenis kereta api yang akan dioperasikan adalah kereta api ringan seperti digunakan negara Jepang khusus untuk angkutan orang. Konstruksi pembangunan rel kereta api LRT itu menggunakan jembatan jalur layang untuk meminimalisir penggunaan lahan, mengingat lahan di Kota Tangerang cukup mahal, sehingga jalurnya menggunakan medium jalan,” kata Hudaya.

Menurut Hudaya, LRT merupakan salah satu sistem kereta api penumpang yang beroperasi di kawasan perkotaan yang kontruksinya ringan dan bisa berjalan bersama lalu lintas lain atau dalam lintasan khusus.

“Kereta api ringan ini banyak digunakan di berbagai negara di Eropa dan telah mengalami modernisasi antara lain dengan otomatisasi, sehingga dapat dioperasikan tanpa masinis, bisa beropetasi pada lintasan khusus penggunaan lantai yang rendah untuk mempermudah naik turun penumpang,” pungkasnya. (Nji)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here