Home Berita KBM UNIS Tolak Kegiatan HMI

KBM UNIS Tolak Kegiatan HMI

0
SHARE

Puluhan mahasiswa dari Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) Universitas Syekh Yusuf (UNIS) Tangerang mendemo dan menolak kegiatan diskusi publik yang diselenggarakan oleh organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang persiapan Tangerang di kampus tersebut pada Jumat (19/5/2017).

Penolakan tersebut dilakukan dengan memblokir gerbang pintu masuk Kampus UNIS, sehingga para peserta tidak bisa masuk untuk mengikuti diskusi terbuka terkait perspektif Tangerang Raya dan pelantikan pengurus organisasi HMI.

Diskusi ini sendiri rencananya akan diisi oleh pembicara seperti Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, Kepala Bappeda Provinsi Banten Hudaya Latuconsina dan Gubernur Banten Wahidin Halim.

Dalam orasinya, KBM menilai diskusi ini diindikasi sebagai bentuk aktifitas politik praktis di dalam kampus menjelang Pilkada Tangerang 2018. Hal tersebut melanggar ketentuan SK DIKTI no 26 Tahun 2002 tentang Pelarangan organisasi ekstra kampus dan Parpol dalam kehidupan kampus.

“Selain itu kegiatan HMI belum mendapat ijin dari organisasi internal maupun yang sifatnya koordinasi dalam melaksanakan kegiatan tersebut,” ujar Bagas, Koordinator aksi KBM.

Untuk itu, KBM menuntut agar pihak yayasan dan rektorat menghentikan kegiatan tersebut di dalam Kampus UNIS Tangerang. “Kami tidak mau kampus kami dijadikan tempat berpolitik atau berkampanye menjelang Pilkada,” katanya.

Hal senada juga diutarakan Redi Eka Pratama, Wakil Presiden Mahasiswa Unis Tangerang itu mensinyalir bahwa kegiatan tersebut berbau kepentingan politik praktis.

“Dengan mengagendakan dialog pemekaran Tangerang raya, kemudian mengundang elit tiga kepala daerah beserta gubernur terpilih ini bagian dari politik praktis,” ucapnya.

Redi juga menegaskan mengingat sebentar lagi pesta demokrasi kepala daerah di Kota dan Kabupaten Tangerang.

“Ini bagian dari kepentingan kelompok semata, kami jelas menolak kegiatan ini,” pungkasnya. (Nji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here