Beranda Berita Kapolres Metro Tangerang Cek Harga Bahan Pokok

Kapolres Metro Tangerang Cek Harga Bahan Pokok

0

Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Harry Kurniawan mengadakan sidak di Pasar Induk Tanah Tinggi, Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Kamis (8/6/2017).

Dalam operasi ini, Kapolres mengecek sejumlah stok komoditi bahan pokok seperti bawang putih, bawang merah, dan cabai. Dari operasi pasar tersebut, diketahui ada penurunan harga di pasar tersebut.

“Jadi setelah beberapa waktu lalu diadakan operasi pasar, sejumlah harga komoditi seperti bawang putih turun drastis,” ujarnya.

Hal tersebut dikarenakan adanya impor bawang putih yang dilakukan oleh pemerintah pusat. Bawang putih yang pada beberapa waktu lalu sempag menembus Rp 60.000 perkilogram nya, saat ini sudah jauh lebih murah.

“Memang setelah ada stok bawang putih yang melimpah, harga langsung stabil, pedagang pun mengatakan harga jualnya berkisar antara Rp 21.000 sampai Rp 30.000,” ujarnya.

Meski impor, ia menerangkan kualitasnya tidak jauh berbeda dari produk dalam negeri. “Kualitasnya bagus, tidak jauh dari produk dalam negeri,” singkatnya.

Sementara, Manager Pasar Komoditi Nasional (Paskomnas), Danang Bagus P yang ditunjuk oleh Kementerian Pertanian dan Perdagangan dan Kementerian Industri dan Perdagangan mengatakan pasokan bawang putih impor telah masuk sejak tiga hari yang lalu. Pasokan bawang putih tersebut dikirim untuk menstabilkan harga bawang putih yang sempat melonjak tajam beberapa waktu lalu.

“Jadi kami memang ditunjuk oleh Pemerintah pusat untuk mengelola pasokan bawang putih impor yang ada di Pasar Induk Tanah Tinggi ini,” ujar Danang Bagus P, Manager Paskomnas.

Dalam satu kali pengiriman, pihaknya dapat menerima hingga 22 ton bawang putih impor. Nantinya, bawang putih tersebut akan dijual seharga Rp 21.000 saja.

“Pembelian itu minimal lima karung, satu karungnya berisi 20 kg,” ujarnya.

Dengan harga tersebut, diharapkan harga yang dapat dibeli oleh masyarakat tidak melebihi Rp 30.000.

“kalau kita prediksi ketika sampai di pengecer paling harganya Rp 27.000 tidak lebih dari Rp 30.000,” ujarnya.

Ia mengatakan, pasokan bawang putih akan terus dikirim oleh Pemerintah pusat hingga menjelang hari raya idul fitri tiba.

“Kita akan terus dapat pasokan sampai berakhirnya bulan puasa,” tandasnya. (Nji)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini