Home Berita Kisah Airport Helper Bandara Soetta Tolak Tip Hingga Tangannya Cedera

Kisah Airport Helper Bandara Soetta Tolak Tip Hingga Tangannya Cedera

1
SHARE

Bagi sebagian orang, ketika menunaikan pekerjaan khususnya pelayanan masih saja mengharapkan imbalan atau tip. Padahal mereka sudah diberi gaji yang sesuai pekerjaannya. Namun tidak dengan pria satu ini. Ialah Sukri (42), seorang Airport Helper yang bertugas di Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang.

Mantan porter yang sudah 11 tahun menggeluti pekerjaan di bidang jasa angkut barang penumpang ini menolak tip dari pengguna jasa bandara yang ia bantu saat berada di Bandara hingga dirinya mengalami cedera ringan.

Akibat penolakan itu, tangan kanan warga Rawa Bokor, Kecamatan Benda, Kota Tangerang ini mengalami keseleo. Ia menderita keseleo karena tangannya terlalu keras digenggam oleh salah satu pengguna jasa bandara yang memaksanya menerima tip atas pelayanannya.

“Jadi waktu itu, pas ngangkat 7 koper milik penumpang. Setelah sampai didalam, penumpang itu langsung mendekatkan tangannya ke tangan saya. Karena saya memang gak boleh nerima tip, ya saya tolak. Tapi dipaksa, terlalu kuat megang tangan saya,” katanya  ketika ditemui di Terminal 2, Bandara Soetta, Tangerang, Selasa (10/10/2017).

Pada saat itu, Sukri belum merasakan sakit di bagian tangannya. Ia pun melanjutkan aktifitasnya yakni melayani penumpang yang membutuhkan tenaganya. Namun, ketika akan membantu penumpang yang lain, Sukri merasakan nyeri di bagian tangannya.

“Saya mulai merasa sakit itu setelah di X-Ray, pas waktu itu mau ngangkat barang milik penumpang yang lain. Kok nyeri, pas saya liat udah mulai bengkak,” ujarnya.

Atas kejadian itu, beberapa hari Sukri tidak dapat beraktifitas seperti biasa. Bahkan untuk mengangkat tas yang berukuran kecil saja tangannya tidak kuat.

Ia pun menyesalkan kejadian yang kurang mengenakkan tersebut. “Penumpang itu bilang ‘berapa si gaji kamu? ambil aja lumayan buat sarapan,” katanya menirukan ucapan penumpang yang memaksanya menerima tip.

Ia menghiraukan perkataan penumpang itu dan kembali melayani pengguna jasa yang lain. Ia pun berharap pengguna jasa dapat menghargai mereka yang berprofesi sebagai pelayanan di Bandara Soetta.

“Hargai lah kami, tidak perlu memberikan tip kepada kami. Karena kami sudah digaji. Apabila ketahuan menerima tip dari penumpang, kami bisa kena sanksi,” pintanya. (Rmt)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here