Home Komunitas & Lifestyle Yadnya Kasadha & Bromo Exotica, Satu Alasan Kembali ke Gunung Bromo Lagi

Yadnya Kasadha & Bromo Exotica, Satu Alasan Kembali ke Gunung Bromo Lagi

0
SHARE
sumber:sportourism.id

Gunung Bromo adalah salah satu destinasi wisata paling populer di Indonesia, bahkan juga di dunia. Setiap tahun, ribuan wisatawan berbondong-bondong pergi ke sana. Ada yang demi matahari terbit, ada juga yang pengen berpetualang di Laut Pasir dan Bukit Teletubbies. Apalagi menjangkaunya juga sangat mudah, tinggal pesan tiket bus jurusan Probolinggo dan lanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan umum menuju Gunung Bromo.

Mungkin ada di antara kamu sudah berkali-kali pergi ke sana dan tidak pernah merasa bosan karenanya. Tapi kini ada satu alasan baru untuk kembali booking tiket bus menuju Probolinggo, terutama karena ada event yang ditandai oleh Kementerian Pariwisata sebagai salah satu yang terbaik di tahun 2018.

Yadnya Kasadha dan Bromo Exotica

Nama event tersebut adalah Yadnya Kasadha dan Bromo Exotica. Sebuah rangkaian acara yang merupakan ritual, sebuah upacara bagi masyarakat Suku Tengger yang mendiami lereng-lereng pegunungan di sekitar Gunung Bromo. Sebuah ritual yang dilestarikan selama ratusan tahun ini akan kembali digelar di tahun 2018, tepatnya tanggal 29 dan 30 Juni.

Menghormati Kehidupan; Menghormati Alam yang Memberi Kehidupan

Untuk tema Yadnya Kasada dan Bromo Exotica di tahun ini adalah ‘Menghormati Hidup; Menghormati Alam yang Memberi Kehidupan.’ Sebuah acara yang akan melibatkan, bukan cuma masyarakat Tengger, tapi juga seniman dari berbagai penjuru Indonesia. Salah satu program menariknya adalah Sendratari Kidung Tengger, yang bakal dibuat kolosal.

Penghormatan Kepada Leluhur

Yadnya Kasada, yang merupakan acara inti dari perayaan ini, merupakan sebuah ritual untuk menghormati Sang Hyang Widhi dan leluhur mereka, Roro Anteng dan Joko Seger. Menurut legenda, kedunya memenuhi janji kepada para dewa untuk mempersembahkan anak ke-25 dengan melemparya ke dalam gunung berapi tersebut. Tujuannya supaya Gunung Bromo tetap tenang.

Nah, tradisi ini dilestarikan sampai sekarang. Hanya saja, yang dikurbankan bukan lagi manusia. masyarakat Tengger menggantinya dengan ternak, hasil bumi, bunga, atau uang. Menariknya, beberapa penduduk akan meluncur turun ke kawah dan berusaha menangkap persembahan-persembahan tersebut. Diyakini, kurban yang berhasil ditangkap akan membawa keberuntungan bagi mereka.

Hiburan-Hiburan Menarik

Buat kamu fans berat sama Pevita Pearce, segera dapatkan tiket bus untuk datang ke event Yadnya Kasada dan Bromo Exotica tahun ini karena cewek cantik ini bakal hadir di sana. Bersama aktris senior, Cornelia Agatha, Pevita akan mengadakan resital puisi. Selain itu juga ada hiburan-hiburan menarik lainnya, seperti Dayak Hudoq Mask Performance dari Kalimantan Timur, Tari Kecak Bali, Orkes Musik Baleganjur dari Probolinggo, Pawai Tengger Jaranan, Swargaloka Mainkan dari Jakarta, dan lain-lain. Buat pecinta fotografi dan videografi, jangan lewatkan kompetisi dengan hadiah menarik.

Pastikan tiket bus menuju kota terdekat dari Gunung Bromo sudah kamu kantongi untuk menyaksikan perayaan akbar Yadnya Kasada dan Bromo Exotica. Pesan online saja biar bisa menentukan tanggal keberangkatan dengan mudah.