Home Berita Tangsel Gratiskan Beban Biaya Pengolahan Darah

Tangsel Gratiskan Beban Biaya Pengolahan Darah

0

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Kesehatan menggratiskan beban biaya pengolahan darah. Hal itu diungkapkan oleh Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany saat memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 di lapangan Kecamatan Pamulang, Minggu (25/11/2018).

“Jadi bukan darahnya yang gratis, dari dulu darah juga gratis yang menjadi biaya itu adalah pengolahannya, sekarang untuk pengolahannya, untuk kantong darahnya kita bekerjasama dengan PMI Kota Tangsel,” ungkap Airin.

Ia menjelaskan, program itu menggunakan anggaran APBD Tangsel dan diutamakan bagi warga Tangsel yang kurang mampu.

“Jadi untuk masyarakat ber-KTP luar Tangsel mohon maaf harus bayar,” ujar Airin.

Berbeda dengan masyarakat yang ber-KTP Kota Tangsel tidak perlu kartu kesehatan apapun, cukup tunjukkan KTP Kota Tangsel, maka masyarakat yang membutuhkan darah yang biasanya harus membayar, tidak lagi membayar dan menjadi tanggungan pemerintah.

“Cukup tunjukkan KTP Kota Tangsel, maka masyarakat yang membutuhkan darah yang biasanya harus membayar, tidak lagi membayar, menjadi tanggungan pemerintah Kota Tangerang Selatan,” tuturnya.

Airin berharap kepada para kader posyandu, kader kesehatan, kader jumantik maupun kader-kader kesehatan kainnya untuk bekerjasama dengan PMI Kota Tangsel untuk aktif melakukan kegiatan donor darah sehingga donor darah ini bisa dilakukan.

“Oleh karena itu, kita bekerjasama dengan untuk mencari masyarakat yang mau mendonorkan darahnya,” ungkapnya.

“Kita punya kesediaan darah dan jangan lupa saya titip pesan kepada PMI Kota Tangsel, lakukan secara profesional sehingga bank darah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dan administrasinya yang benar dan tepat,” sambungnya.

Walikota juga berpesan kepada rumah sakit yang masih ingin membutuhkan darah silahkan bekerjasama dengan PMI Kota Tangsel. (bit/abi)