Home Berita Bawaslu Kunjungi PWI Kabupaten Tangerang

Bawaslu Kunjungi PWI Kabupaten Tangerang

0

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tangerang kunjungan kerja ke kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang. Dalam kunjungannya, dua pihak sepakat untuk melakukan pengawasan sekaligus mengawal proses Pemilu 2019 yang demokratis.

Ketua Bawaslu Kabupaten Tangerang, Andi Irawan mengungkapkan, pelaksanaan Pemilu 2019 yang tinggal 16 hari lagi, pemilu serentak ini dapat berlangsung dengan kondusif, aman, damai, dan demokratis sesuai yang diharapkan masyarakat Kabupaten Tangerang.

Karena itu, untuk menuju ke Pemilu seperti ini, butuh dukungan semua pihak, termasuk dari media.

“Kami sudah melakukan pengawasan dari tahapan, hingga masa kampanye ini, sehingga untuk menciptakan pemilu yang demokratis, butuh kerjasama yang baik antara kami dengan wartawan,” kata Andi Irawan, saat dikonfirmasi tangerangonline.id, Senin (01/4/2019).

“Sebab dalam hal informasi di lapangan, wartawan lebih cepat mendapatkan informasi itu,” sambungnya.

Dikatakannya, dalam hal kemitraan pengawasan partisipatif ini, tentu tidak hanya sebatas pertemuan seperti ini dengan PWI.

Menurut dia, perlu ditindaklajunti dengan membuat nota kesepahamaan antara Bawaslu Kabupaten Tangerang dengan PWI Kabupaten Tangerang.

“Bahwa PWI Icon masyarakat sebagai agen keterbukaan informasi, yang sanget strategis guna mengawal proses demokrasi,” tegasnya.

Hal ini dilakukan untuk menggapai pestra demokrasi agar berjalan dengan jujur, adil, dan transparan dan bebas dari segala bentuk pelanggaran Pemilu 2019.

“Kita namakan Wareng perkasa (pengawasan bareng pengawas pemilu rakyat partisipatif,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua PWI Kabupaten Tangerang, Sangki Wahyudin mengatakan, apa yang dilakukan Bawaslu menggandeng wartawan dalam melakukan pengawalan pemilu serentak ini, bukan sekadar menginginkan pemilu berjalan dengan kondusif, tapi juga berkualitas dan demokrasitis.

Sangki menyambut baik langkah yang dilakukan Bawaslu Kabupaten Tangerang.

Tentunya dalam menjalankan fungsinya, ucap dia, wartawan tetap berpegang teguh pada kode etik jurnalistik.

“PWI menyambut baik dan sepakat secara bersama untuk mengawal dan mengawasi jalannya pemilu 2019 ini.

Sangki pun berharap pemilu ini yang jujur, damai, aman, tanpa hoax dan ujaran kebencian, pemilu ini diharapkan pemilu yang demokrasi bagi warga tangerang.

“Kami berharap pemilu 2019 yang terbaik buat masyarakat Kabupaten Tangerang;” ujarnya. (sam)