Home Berita Hari Kedua Lebaran, Tradisi Ziarah Makam Leluhur Patrasana Kresek

Hari Kedua Lebaran, Tradisi Ziarah Makam Leluhur Patrasana Kresek

0

Hari kedua perayaan lebaran idul fitri 1440 H, masyarakat Kampung Pala, RT 17/02, Desa Patrasana, Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang mempunyai tradisi ziarah ke makam keluarga atau leluhur.

Salah satu sesepuh Patrasana, Mahrup mengungkapkan, kalau di kampung Pala, Desa Patrasana acara ziarah ke makam merupakan tradisi turun menurun yang dilakukan. Ini sebagai bukti penghormatan kepada para leluhur untuk mendo’akan. Selain itu, tradisi ini juga sebagai rasa syukur kehadirat Allah Swt.

“Tradisi ziarah turun temurun dilakukan, agar mereka nanti tau dari mana keluarga mereka dan dikuburkannya serta mendo’akannya,” ucap Mahrup sesepuh Patrasana, Kamis (6/6/2019).

Ustadz Oyo menambahkan, ziarah kubur yang dilakukan masyarakat dikampung Pala merupakan adat budaya dan tradisi yang turun temurun di lakukan dari dulu dari saya kecil sudah di lakukan. Setelah Solat Idul Fitri selain bermaaf maafan dengan sanak keluarga dan tetangga, dilanjutkan dengan ziarah kubur.

“Ziarah kubur ini juga sebagai sillahturrami antar muslim, mereka kumpul semua dipemakaman¬† agar tau asal muasal turunannya, dari mana turunan, pasalnya begitu ketemu dimakam bisa saling bermaaf-maafkan,” ungkapnya.

Ia berharap tradisi ziarah setelah shalat idul fitri agar budaya ziarah kubur seperti ini jangan sampai punah sebab ini amat penting dan agar terus diperkenalkan pada generasi berikutnya.

“Ya generasi berikutnya atau anak cucu kita, semoga saja tidak akan lupa dengan turunannya,” imbuhnya. (Sam)