Home Berita Kurangi Angka Stunting, Dinkes Tangkab Adakan Lomba Balita Sehat

Kurangi Angka Stunting, Dinkes Tangkab Adakan Lomba Balita Sehat

0

Guna mengurangi angka stunting (anak kekurangan gizi) Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang mengadakan Lomba Balita Sehat Tingkat Kabupaten Tangerang yang berlangsung di Pendopo Tangerang Tangerang (Tangkab), Selasa (20/08/2019).

Dr. Manik, Kapala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang mengatakan, lomba tersebut diikuti oleh balita yang sudah dilombakan ditingkat Kecamatan.

“Balita yang ikut pada hari ini adalah balita yang sudah ikut lomba di Kecamatan masing-masing, dan dua kategori yaitu umur 6-23 bulan dan 2-5 tahun,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya untuk melihat sejauh mana pemahaman dari orang tua serta masyarakat mengerti akan hak-hak yang harus didapatkan oleh anak.

“Tujuannya sebagai pemberdayaan orang tua, juga masyarakat agar anak-anak di Kabupaten Tangerang tercukupi hak-haknya terhadap gizi yang baik. Dan kita juga agar menurunkan angka anak kekurangan gizi di Kabupaten Tangerang,” jelasnya.

Untuk Stunting sendiri, pihaknya menyebutkan masih ada beberapa wilayah yang ada di Tangkab.

“Kita data pasti belum tau yah, tapi yang stunting ada di Kabupaten Tangerang, menurut riset kesehatan daerah tahun 2018 di angka 28,8 diharapkan tahun nanti bisa turun,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, penyebab dari Stunting sendiri adalah kurangnya sanitasi air bersih dan juga keterbatasan MCK.

“Ini kan karena kurang air bersih di lingkungan rumahnya, dan tidak adanya jamban yah jadi anak-anak tidak sehat,” ujarnya.

Ia pun berharap lomba Balita Sehat ini menjadi contoh dan teladan untuk orang-orang disekitar lingkungan agar selalu berperilaku hidup bersih dan sehat.

“Jadi bukan si balitanya tapi orang-orang disekitarnya yang diharapkan aktif memberikan contoh kepada masyarakat dan lingkungannya,” pungkasnya. (Ais)