Beranda Berita Deputi Urban India Kunjungi Kayu Bongkok Sepatan

Deputi Urban India Kunjungi Kayu Bongkok Sepatan

0

Desa Kayu Bongkok, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang kedatangan kunjungan dari Deputi Urban India. Pihaknya datang untuk membuat Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) air rumah tangga yang dirancang dan dibangun dari rumah ke rumah.

Camat Sepatan, Dadang Sudrajat mengatakan, program ini dibiayai oleh Bank dunia IDB dari USAID dan pemerintah india ingin melihat dari dekat, sebelumnya rombongan diterima Bupati Tangerang dipendopo bersama Bappeda dan OPD lainnya.

“Obyek di kita sanitasi masyarakat sanimas dalam pengelolaan IPAL limbah rumah tangga yang dirancang dan dibangun dengan sistem jaringan dari rumah kerumah dan dibuat dengan sistem instalasi dibuat bunker. Untuk pengelolaan air limbah rumah tangga menjadi pupuk dan di ujungnya air hasil olahan dapat digunakan kembali untuk keperluan sehari-hari,” ungkap Camat Sepatan, Dadang Sudrajat, Kamis (31/10/2019).

Kemudian mereka juga meninjau program gerakan bersama masyarakat mengatasi pemukiman kumuh dan miskin (Gebrak Pakumis).

Ia berharap kedepan masyarakat akan semakain sadar akan pentingnya prilaku bersih dan sehat dimasyarakat dan juga lingkungan jauh dari penyakit. Dan desa kedepan bisa menduplikasi program dari IDB ini melalui dana desa untuk periode lima tahun kedepan.

“Saya berharap para kepala desa bisa menduplikasi program dari IDB melalui dana desa, pasalnya biar lingkungan masyarakat kita bersih, sehat dan jauh dari penyakit,” tukasnya. (Sam)