Home Berita Harga Penangkal Petir Bangunan TK di Tangsel Puluhan Juta

Harga Penangkal Petir Bangunan TK di Tangsel Puluhan Juta

0

Pengadaan barang dan jasa Grounding atau biasa dikenal dengan sebutan penangkal petir pada bangunan gedung Taman Kanak-kanak (TK) Negeri Pembina 3 Kota Tangerang Selatan (Tangsel) diduga ada kejanggalan.

Informasi yang dihimpun, harga satu paket alat penangkal petir pada TK yang berlokasi di Jalan PADM, Kecamatan Serpong itu sangat fantastis yakni senilai Rp 68.023.000,-. Angka tersebut dianggarkan dalam program kegiatan peningkatan sarana dan prasarana TK Negeri Pembina pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel.

Saat dikonfirmasi prihal tersebut kepada salah satu guru, Endah membenarkan bahwa Bangunan Gedung TK tempat dia mengajar sudah ada penangkal petir, namun dirinya tidak bisa menjelaskan secara detail.

“Maaf, Kepsek (kepala sekolah) tidak masuk hari ini, lagi sakit, nanti saya sampaikan saja, atau nggak buat janji saja. Bisa saja sih mas diwakilkan, tapikan takutnya kami salah memberikan keterangan, kami cuma pengajar,” ucap Endah, Senin (11/11/2019).

Terpisah, Kepala Seksi (Kasi) Sarana dan Prasaran Paud dan TK pada Dinas Pendidikan Kota Tangsel, Rudi membenarkan adanya pengadaan barang dan jasa penangkal petir di TK tersebut.

“Iya, benar ada pengadaan penangkal petir dan itu sudah dicairkan, jenisnya saya nggak hafal,” jelas Rudi.

Diketahui, berdasarkan keterangan salah satu toko penangkal petir di wilayah Kecamatan Serpong mengatakan penangkal petir terdapat dua jenis yaitu konvensional dan elektrostatis. Jenis konvensional yang biasa diperuntukan pada bangunan rumah dengan harga sekitar Rp 3,5 juta sampai dengan Rp 8,5 juta.

“Sedangkan penangkal petir jenis Elektrostatis itu diperuntukan pada bangunan gedung bertingkat dan gedung industri harganya paling tinggi Rp 30 juta rupiah,” jelas salah seorang karyawan toko penangkal petir. (Ban)