Home Bandara Waspada Virus Korona, KKP Tambah Petugas Pengawasan di Bandara Soetta

Waspada Virus Korona, KKP Tambah Petugas Pengawasan di Bandara Soetta

0
Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Bandara Soekarno-Hatta, dr Anas Ma'ruf.

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Bandara Soekarno-Hatta meningkatkan kewaspadaan terhadap penumpang dari luar negeri yang baru saja tiba di tanah air. Terlebih, penumpang dari China.

Hal ini dilakukan menyusul ditemukannya kasus yang diduga Novel Corona Virus (2019-nCoV) atau Korona Virus di Denpasar Bali.

Kepala KKP Kelas I Bandara Soetta, Dr Anas Ma’ruf mengatakan, selain mengoptimalkan alat pemindai suhu tubuh atau Thermal Scanner, pihaknya juga menambah petugas pengawasan di di Terminal kedatangan Internasional.

“Kita tingkatkan kewaspadaan, untuk Thermal scanner yang statis itu jumlahnya tetap jadi yang diterminal 3 Internasional ada empat dan Terminal 2F ada dua, kita juga meningkatkan jumlah orang yang melakukan pengawasan dengan menggunakan Thermo Gun,” kata Dr Anas kepada tangerangonline.id di kawasan Bandara Soetta, Tangerang, Jumat (24/1/2020).

Menurut Anas, pemeriksaan terhadap penumpang dari luar negeri yang menggunakan alat bantu seperti kursi roda akan ditingkatkan. Pemeriksaan secara manual juga dilakukan terhadap penumpang yang datang dari negara yang ditemukan kasus Virus Korona.

“Yang paling mudah itu (penumpang) yang memakai kursi roda atau alat bantu dan terlihat sesak. Akan kita datangi dan kita lakukan pemeriksaan demikian. Tapi ini yang jelas pemeriksaan harus kita berikan terhadap seluruh penumpang yang datang dari negara yang terjangkit,” jelas Anas.

Kendati demikian, Anas mengimbau agar pengguna jasa penerbangan tidak panik dan tetap tengan.

“Pada prinsipnya satu, tetap tenang dan tidak panik menghadapi kewaspadaan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kewaspadaan,” tandasnya. (Rmt)