Home Berita BPBD Kota Tangerang Tingkatkan Patroli Menyusul Beredarnya Isu Puluhan Buaya Lepas ke...

BPBD Kota Tangerang Tingkatkan Patroli Menyusul Beredarnya Isu Puluhan Buaya Lepas ke Sungai Cisadane

0

Pesan berantai di media sosial lepasnya 43 buaya ke Sungai Cisadane yang membentang di Tangerang beredar luas.

Kabar terkait puluhan buaya dari penangkaran di kawasan Bogor ini ramai diperbincangkan sejak Selasa (3/11/2020) malam.

Sontak, masyarakat di sepanjang bantaran Sungai Cisadane pun resah. Khususnya warga Kota Tangerang.

“Himbauan kepada warga sekitar bantaran Sungai Cisadane, untuk tidak beraktifitas di sekitar bantaran sungai. Untuk yang mempunyai anak tolong dijaga jangan sampai berenang di sungai dikarenakan sekiranya 43 ekor buaya lepas di aliran Sungai Cisadane, sudah sampai Serpong,” penggalan pesan berantai tersebut.

Menanggapi hal ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang langsung menyisir Sungai Cisadane hari ini, Rabu (4/11/2020).

Kepala BPBD Kota Tangerang, Deni Koswara mengatakan, pihaknya telah melakukan patroli air untuk mencari kebenaran 43 buaya yang lepas dari penangkaran di Bogor.

“Sebetulnya ini kegiatan rutin kami dalam rangka mengecek kesiapan kalau toh terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti banjir dan lainnya. Karena kemarin ada berita 43 ekor buaya lepas di Sungai Cisadane kami akhirnya meningkatkan operasi rutin,” kata Koswara.

BPBD Kota Tangerang pun menerjunkan sejumlah personel dan perahu untuk menyisir Sungai Cisadane akan kebenaran berita yang beredar tersebut.

“Biasanya kami cuma satu unit perahu, ini kami tambah dua jadi total ada tiga perahu yang patroli mengelilingi Sungai Cisadane sampai ke perbatasan Tangsel dan Kabupaten Tangerang,” imbuh Koswara.

Ia meminta kepada warga Kota Tangerang terutama yang tinggal di bantaran Sungai Cisadane untuk tidak panik. Warga diimbau apabila melihat ada buaya di Sungai Cisadane dapat melaporkan ke BPBD Kota Tangerang atau melalui Call Center 112.

“Kami imbau kepada warga yang ada di pinggiran Sungai Cisadane tetap waspada. Jangan sampai ada hal-hal yang tidak kita inginkan tapi jangan juga terlalu resah,” tutur Koswara. (Rmt)