Beranda Berita Rumah Korban Puting Beliung Dibedah Forum Peduli Jayanti

Rumah Korban Puting Beliung Dibedah Forum Peduli Jayanti

0

Puting beliung yang menerjang kawasan Kabupaten Tangerang pada akhir Desember 2015 lalu, meninggalkan duka mendalam bagi salah satu keluarga yang rumahnya luluh-lantak akibat terjangan angin.

Saban (46), warga Kampung Pasiriab, RT 013/06 Desa Jayanti, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang ini, pasrah saat itu menyaksikan puing-puing bangunan rumahnya rata dengan tanah. Di benak pria dengan 3 anak itu, jangankan untuk merenovasi rumah, untuk mencukupi kebutuhan sehari-harinya pun ia kesulitan lantaran penghasilannya sebagai tukang ojek di kawasan Pasar Jayanti serba pas-pasan.

“Siapa yang ngak bingung, biaya makan susah di tambah cicilan motor, tiba-tiba rumah saya ambruk karena angin kencang,” kata Saban, ditemui di gubuk milik saudaranya sebagai tempat tinggal dia bersama keluarganya.

Namun dalam kepasrahan itu, Saban mendadak mendapat angin segar ketika salah satu staf desa setempat mengajaknya ke rumah salah satu pengurus Forum Gerakan Solidaritas Peduli Lingkungan Pasar Jayanti yang bersekretariat di kawasan kecamatan itu. 

Berbekal dua lembar proposal berisi permohonan bantuan, Saban dijanjikan rumahnya akan dibedah.

“Kita lakukan sidak ke rumah Saban, ternyata rumahnya benar-benar sudah rata dengan tanah,” kata Taufani, salah satu pengurus forum ditemui di lokasi rumah Saban, kemarin.

Menurutnya, eksekusi bedah rumah milik Saban oleh Forum Gerakan Solidaritas Peduli Lingkungan Pasar Jayanti, merupakan salah satu program forum untuk sosial kemasyarakatan. 

Apalagi, pria kelahiran Jayanti, Kabupaten Tangerang itu juga mengungkapkan bahwa bedah rumah milik warga kurang mampu tak lain untuk memberikan sumbangsih untuk tanah kelahirannya.

“Berkat kerjasama tim, bedah rumah inipun akhirnya terealisasi,” tuturnya.

Sementara untuk merenovasi rumah Saban yang berukuran 5X6 meter, Topan, sapaan Taufani, mengungkapkan biayanya berasal dari swadaya anggota forum yang tersebar di Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

“Kita lakukan bedah rumah sejak 6 Februari lalu. Insya Allah akhir bulan ini selesai pengerjaannya dan segera ditempati dengan layak,” tandasnya. (Dra)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini