Home Berita Sosok Superhero Pelitas Keliling Kota Tangsel

Sosok Superhero Pelitas Keliling Kota Tangsel

0
Superhero Pelitas saat hadir dalam kegiatan SKPD Pemkot Tangsel.

Salah satu cara agar masyarakat terbiasa membuang sampah pada tempatnya, Pemkot memiliki maskot diberi nama Pelitas yang sasarannya yakni mensosialisasikan masalah sampah kepada anak-anak agar terbiasa membuang sampah pada tempatnya.

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan, maskot Pelitas sebenarnya sudah diluncurkan sejak beberapa waktu lalu. Alasan dipilih sosok Superhero sebagai maskot, karena sosok tersebut paling pas mengajak anak-anak untuk lebih tertib dalam hal kebersihan terutama yang menyangkut masalah sampah.

“Anak-anak kan suka dengan Super Hero. Nah, kita hadirkan Pelitas agar sosialisasi yang diberikan lebih mengena,” kata Airin, Kamis (17/3/2016).

Mengapa sasarannya anak-anak? Airin mengatakan, penerapan pola hidup yang baik, seperti membuang sampah pada tempatnya lebih mudah diterapkan kepada anak-anak. Mereka, lanjut Airin, sejak dini harus diajarkan untuk hidup tertib.

“Kalau seperti kita-kita kan sudah sulit untuk mengajaknya. Nah, melalui Pelitas, kita mulai bagaimana mengedukasi anak-anak untuk tertib dan mengajak orangtuanya membuang sampah pada tempatnya. Kalau anaknya sudah tertib, toh orang tuanya juga akan malu, dan ikut serta,” ungkapnya.

(Baca Juga Berita: Ada Superhero di Barisan Pejabat Tangsel)

Sementara Kepala Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kota Tangsel, Taher Rachmadi mengatakan maskot Pelitas diluncurkan untuk membudayakan masyarakat agar senantiasa membuang sampah pada tempatnya. “Masyarakat kan masih banyak yang membuang sampah sembarangan. Dengan adanya sosok Pelitas, kami berharap pola hidup masyarakat bakal berubah ke arah lebih baik. Sehingga Kota Tangsel menjadi lebih bersih,” tuturnya.

Sosok Pelitas, Taher menjelaskan, digambarkan sebagai seorang Superhero. Sebab, Topeng ala Superhero tentunya menjadi pelengkap agar anak-anak menjadi lebih tertarik. Tugas utama sosok Pelitas yakni mengajarkan dan mengajak anak untuk tidak membuang sampah sembarangan.
“Superhero ini akan berkeliling melakukan sosialisasi-sosialisasi kepada masyarakat. Banyak tugas yang akan di lakukan sosok Pelitas dan itu akan berlangsung lama,” tandas Taher. (Dra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here