Home Berita Asli Apa Palsu? Dinkes Sarankan Cek Langsung ke Kantor BPJS

Asli Apa Palsu? Dinkes Sarankan Cek Langsung ke Kantor BPJS

0

Merebaknya informasi marak kartu Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) palsudi daerah lain, warga Kota Tangerang Selatan turut terimbas khawatir. Dinas Kesehatan (Dinkes) Tangsel mengimbau warga tetap tenang dan tidak gaduh.

Kepala Dinkes Tangsel, Suharno saat dikonfimrasi apakah ada laporan BPJS palsu atau tidak, dikatakannya sejauh ini belum ada. Jika memang ada dirinya mengharapkan warga segera melaporkan kepada BPJS atau puskemas terdekat.

“Sampai saat ini belum ada laporan BPJS palsu. Kami menghimbau kepada masyarakat harap tenang apabila menemukan BPJS palsu segera laporkan,” katanya.

Munculnya BPJS palsu membuat Dinkes mengeluarkan kebijakan baru. Kebijakan itu diambil untuk memastikan proses pembuatan BPJS melalui puskemas terdekat hingga ke kantor BPJS.

“Kita pastikan proses pembuatan BPJS di puskemas-puskemas dari data-data pasien hingga sampai kepada kantor BPJS,” tambahnya.

Seluruh puskemas telah mendapatkan imbuan dari Dinkes supaya lebih waspada dan berhati-hati. Termasuk berkordinasi dengan Kantor BPJS agar sama-sama mengawal proses pembuatan kartu BPJS.

“Kami juga melakukan komunikasi secara intens agar lakukan pengawasan lebih intens,” papar Suharno.

Masyarakat dapat mengecek langsung ke kantor BPJS, untuk memastikan data-data lengkap. apakah terdata di kantor BPJS atau tidak.

“Kalau asli datanya ada di kantor BPJS kalau palsu datanya tidak tertera di kantor BPJS. Masyarakat bisa mengecek langsung untuk memastikan ke kantor BPJS,” sebut Suharno.

Pasti akan ada ancaman apabila ada pihak yang memalsukan kartu BPJS. Ancaman itu berurusan dengan pihak berwenangan kepolisian, karena indikasinya jelas penipuan.

“Kami serahkan kepada polisi adanya unsur penipuan. Itu jelas ancamanya,” tambahnya.

Cecep Supriatna (39), ketua RW 9, Ciputat bependapat soal kartu BPJS palsu cukup memprihatinkan. Pemerintah Tangsel agar tidak kecolongan harus bertindak antisipatif mengecek alur hingga hasil di kantor BPJS.

“Pemerintah harus bertindak cepat memastikan bahwa di Tangsel aman dan memberikan pengumuman kepada masyarakat. Jangan sampai masyarakat resah,” katanya. (Ded)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here