Beranda Berita Perbup Jam Operasional Truk Akan Didorong Jadi Perda

Perbup Jam Operasional Truk Akan Didorong Jadi Perda

0

Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang akan ubah Peraturan Bupati (Perbup) No 47 Tahun 2018 mengenai pembatasan jam operasional truk tanah menjadi Perda (Peraturan Daerah).

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Agus Suryana, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang dalam Rapat Kegiatan Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dishub Kabupaten Tangerang, Kamis (12/12/2019).

Pihaknya mengatakan, selama ini Perbup No 47 Tahun 2018 tidak mempunyai sanksi khusus yang memberikan efek jera.

“Cuma sanksi dari kepolisian dan ini sudah banyak di tindak karena pembangunan dri pantau indah kapuk sedang pesat-pesatnya. Perbup ini kelemahannya tidak ada sanski apapun dri temen-temen kepolisian, cuma tilang atau ngga suruh puter balik udah gitu terus,” ucapnya.

Kendati demikian, pihaknya akan mengubah Perbup menjadi Perda agar ada sanksi khusu yang diberikan kepada para pelanggar.

“Karakteristik jalan kan ada tiga yaitu jalan provinsi, jalan negara, dan jalan nasional. Nah kalau kita liat ini kan sepanjang jalan Legok misal itu kan punya Kabupaten jadi hak Pak Bupati yang mengatur. Kalau kita jadikan Perda nanti bukan kewenangan Bupati lagi, itu yang jadi masalah,” ungkapnya.

Namun, lanjut Agus, sudah ada Raperda Inisiatif mengenai Perda tersebut, hanya saja masih perlu kajian mendalam.

“Kajian secara detail belum ada sih, tapi Raperda inisiatif sudah ada. Kan lama dong perlu 2-3 tahun baru disahkan,” katanya.

Pihaknya pun mengatakan, Dinas Perhubungan Provinsi Banten sudah menyetujui hal tersebut.

“Dishub provinsk sudah setuju, tinggal BPTJ aja ini, masih belum memberikan ijin jadi masih koordinasi sampai sekarang ya mudah-mudahan bisa tercapai,” tandasnya. (Ais)