Home News Update Kegiatan PKM, Mahasiswa Unpam Membuat Lampu Darurat 

Kegiatan PKM, Mahasiswa Unpam Membuat Lampu Darurat 

0

Sejumlah Mahasiswa Prodi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Pamulang (Unpam) melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Jalan Perumahan Korpri, RT 01/RW 01, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang, tepatnya di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Falah, Minggu (18/10/2020).

Para mahasiswa yang baru menginjak semester 6 itu membuat Lampu Darurat dan mengajarkan langkah-langkah merakitnya kepada anak-anak pondok pesantren.

Hadir dalam kegiatan yakni, Seflahir Dinata, S.T, M.Pd.T Sekretaris Prodi Fakultas Teknik Elektro, Dosen Pembimbing Ariyawan Sunardi, S.Si, M.T, Edwar Mualim, S.T, M.T. Aripin Triyanto ST,.MT serta Ketua PKM Fakultas Teknik Elektro Unpam Marfin, S.T, M.T.

Dosen Pembimbing PKM Unpam, Ariyawan Sunardi, S.Si, M.T mengatakan, kegiatan PKM ini merupakan salah satu program Unpam kegiatan yang selalu dijalankan setiap mahasiswa yang sudah menginjak semester 5 dengan tujuan untuk menginplementasikan ilmu pengetahuan mahasiswa yang didapat selama dalam belajar di Perguruan Tinggi.

“Jadi, kegiatan PKM ini juga salah satu bentuk kepedulian mahasiswa terdahap masyarakat dan selain itu, sebagai tempat menerapkan ilmu pengetahuan yang didapat oleh mahasiswa dari semester satu hingga semester enam,” jelasnya saat diminta keterangan.

Salah seorang mahasiswa Elektro Unpam Reinaldy mengatakan, dirinya bersama teman-temannya membuat lampu darurat tersebut untuk menginplementasilan ilmu pengetahuan sekaligus mengedukasi masyarakat. Adapun manfaat lampu darurat ini digunakan pada saat lampu daru PLN sedang mati karena gangguan bencana alam dan lainya.

“Jadi fungsi lampu ini, kalau lampu dari PLN mati, itu bisa digunakan sebagai lampu darurat, ya sebagai pengantinya lilin bang, lampu alterrnatif lah. Agar himat biaya kita dalam pembuatan lampu ini, kami memanfaat bahan limbah seperti trafo ferrit bekas carger hp yang sudah rusak yanh dijadikan untuk menaikan tegangan DC baterai ke AC,” terang Reinaldy.

Lebih lanjut Rinaldi berharap, semoga ilmu yang diberikan kepada anak-anak pondok pesantren dapat melanjutkan, diterapkan dan  dikembangkan kedepannya.

“Tadi kita membuat 4 Lampu Darurat, semoga alat ini bermanfaat bagi mereka ketika sedang mati lampu dan semoga dirawat dengan baik,” harapnya.

Sementara, salah seorang pengurus Pondok Pesantren Parmin (42) menanggapi, pihaknya mengapresiasi kegiatan para mahasiswa Unpam tersebut. Menurutnya dengan adanya kegiatan ini bisa menambah ilmu pengetahuan dan wawasan anak-anak santri disini.

“Biasanya mereka mengaji, tapi ini dihadapkan dengan hal lain, kami sangat senang sekali, kalau nanti memang ada tindak lanjut melakukan kegiatan lainnya, insaallah kami menerima dengan senang hati dan alat-alat ini pun sangat membantu kami ketika sedang mati lampu namun kami ingin membaca Al-Quran,” tukasnya.

Pantauan tangerangonline.id, usai kegiatan, mahasiswa dan dosen makan bersama-sama dengan anak santri serta pengurus Pondok Pesantren.(Ban)