Home Berita Puluhan Siswa PAUD Bratasena Diajari Bertani Moderen di Kebun Anakemak.farm

Puluhan Siswa PAUD Bratasena Diajari Bertani Moderen di Kebun Anakemak.farm

0

Puluhan siswa PAUD Bratasena Reni Jaya pamulang mengikuti kegiatan Field Trip ke kebun hydroponik Anakemak.farm di Jalan Alhidayah Tengah RT 003/009, Pondok Benda, Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Kegiatan yang berjalan selama dua hari dari tanggal 16-17 Maret 2022, memberikan edukasi kepada peserta bagaimana cara bertani moderen.

Ketua Kelompok Tani Hydroponik Anakemak.farm Haeriawati mengatakan pentingnya memberikan pengetahuan tentang pertanian kepada anak usia dini. Maka itu, pihaknya sangat menerima para pengunjung yang ingin mengunjungi Green House (kebun) untuk ajang pendidikan, terutama penyelenggara pendidikan dari tingkat PAUD, SD, SMP dan SMA/K.

Dalam kesempatan itu, pertama kalinya siswa PAUD Bratasena berkunjung dan diajari cara bertani dengan konsep hydroponik yang ringan dan menyenangkan.

“Konsep yang kami buat cukup sederhana dan simple dengan memberikan para siswa perlombaan mewarnai. Disela waktu lomba berjalan kami memberikan waktu 10 menit untuk 5 sampai 6 siswa untuk kami ajarkan cara menanam hydroponik dan berkeliling green house,” ujar Haeriawati yang juga menjadi guru PAUD Bratasena.

Ia pun mengaku senang atas kunjungan para siswa PAUD Bratasena, selain memberikan keilmuan cara menanam dengan konsep moderen, kunjungan itu dapat juga membantu mengenalkan usaha tempatnya sebagai green house di wilayah Pamulang.

“Semoga dengan acara kami ini bisa membantu mempromosikan usaha kecil kami dan bisa memberikan ilmu yang
Bermanfaat untuk warga sekitar khususnya umumnya untuk masyarakat luas,” tandasnya.

Di lokasi yang sama, salah satu Penyuluh Pertanian dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tangsel, Dika Meylanasari mengapresiasi langkah kelompok tani Anakemak.farm yang bersedia memberikan edukasi kepada masyarakat. Ditambah, Kota Tangsel sebagai kota metropolitan, dengan konsep yang diberikan oleh Anakemak.farm dapat mewujudkan urban farming (pertanian perkotaan).

“Tangerang selatan memang bukan prioritas pertanian bidang tanaman pangan (padi dan palawija) namun masih bisa eksis di bidang hortikultura (buah dan sayuran). Salah satunya dengan budidaya sayuran hidroponik. Dengan lahan yang terbatas tapi masih bisa menghasilkan sayuran yang berkualitas,” ungkap Dika saat dihubungi via telepon, Minggu (27/3/2022).

Ia berharap kelompok tani yang diketuai Haeriawati dapat menjadi contoh untuk kelompok tani lainnya dan menginspirasi anak muda lainnya untuk aktif menjadi petani milenial yang cerdas dan moderen.

Begitu juga Sekretaris Lurah Pondok Benda Sonny Wahyudi yang juga bangga dengan konsep kelompok tani Anakemak.farm. Selain menambah edukasi untuk menghadapi krisis ketahanan pangan, konsep tersebut menambah nilai lebih juga untuk wilayahnya.

“Secara personal sangat bangga dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan oleh Kelompok tani Anakemak.farm ini, yang bisa menjadikan salah satu potensi di wilayah kami Kelurahan Pondok Benda untuk lebih dikenal lagi dimasyarakat umum khususnya di wilayah Kecamatan Pamulang,” ungkapnya. (Red)