Home Berita Ganti Rugi Pemindahan Aset ke Swasta Untungkan Pemkab

Ganti Rugi Pemindahan Aset ke Swasta Untungkan Pemkab

0

Pemindahtanganan Aset Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang ke pihak swasta menguntungkan Pemkab Tangerang. Pasalnya, nilai pengganti rugi aset tersebut lebih besar diperoleh Pemkab Tangerang.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, sejumlah aset Pemkab Tangerang yang dipindahtangankan pada pihak swasta berupa jalan, irigasi dan sejumlah gedung.

“Pemindahtanganannya­ tentu tidak merugikan Pemerintah, lebih besar yang diberikan swasta dari yang kita serahkan,” kata Zaki dalam Rapat Paripurna terkait Penetapan Keputusan DPRD Terhadap Rencana Pemindahtanganan Aset Milik Pemkab Tangerang, Rabu (7/6/2017).

Sementara itu, Pimpinan DPRD Kabupaten Tangerang Naziel Fikri mengatakan, meskipun nilai ganti rugi yang diberikan pihak swasta ke Pemkab Tangerang lebih menguntungkan namun, pihaknya meminta dalam pemindahtanganan tersebut tak merugikan masyarakat.

“Aset pemkab yang terkena pengembang swasta diminta tidak merugikan publik. Harus tetap dilihat dan diperhatikan, seperti akses dan pelayanan publik,” ujar politisi PPP ini kepada tangerangonline.id saat ditemui di ruangannya.

Untuk diketahui, pemindah tanganan aset Pemkab Tangerang yang terkena penataan oleh pengembang sesuai dengan estimasi awal ialah aset Pemkab yang diserahkan senilai Rp 8,4 miliar pada PT. Bumi Serpong Damai (BSD) dengan nilai pengganti sejumlah Rp 10,5 miliar lebih dan PT. Ciputra Residence dengan nilai sejumalah Rp 5,4 miliar dengan nilai pengganti sejumlah Rp 6,2 miliar lebih.

Karena pemindah tanganan aset ini sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah dan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 10 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Barang milwik Daerah. (Yan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here