Beranda Berita Dishub Kota Tangerang Optimalkan Sistem Multimedia ATCS Atur Lalu Lintas

Dishub Kota Tangerang Optimalkan Sistem Multimedia ATCS Atur Lalu Lintas

0

Arus lalu lintas di wilayah Kota Tangerang semakin padat. Kesemrawutan pun tampak di berbagai ruas jalan.

Oleh karena itu, Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah menekankan kepada jajarannya. Dishub Kota Tangerang diminta mengoptimalkan sistem multimedia untuk mengatur arus lalu lintas.

Kota Tangerang telah menerapkan Sistem Kendali Lalu Lintas Kendaraan atau Area Traffic Control System (ATCS). Dan juga memasang Traffic Public Announcement (TPA) di sejumlah ruas jalan demi kelancaran lalu lintas.

Di dalam ATCS ini dilengkapi sistem multimedia. Sistem tersebut dirancang dengan teknologi canggih melihat titik – titik kepadatan arus lalu lintas di Kota Tangerang.

Terpampang layar lebar di halaman depan ruangan tersebut. Begitu pun dengan sejumlah 12 monitor yang terpasang dipantau oleh anggota Dishub di ATCS ini.

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah pun memberikan teguran bagi warganya yang melanggar lalu lintas melalui pengeras suara yang terpantau CCTV itu.

Petugas Dishub juga dapat memantau arus lalu lintas melalui ATCS yang terintegrasi dengan Tangerang Live Room.

Kadishub Kota Tangerang, Syaiful Rohman mengintruksikan jajarannya guna mengoptimalkan alat – alat canggih ini. Alat tersebut ditaruh di sejumlah perempatan yang menjadi rawan kemacetan.

“Saat ini ada empat titik pemasangannya,” ujar Syaiful Rohman, Rabu (1/11/2017).

Pemasangan dilakukan di persimpangan TMP Taruna, Tanah Tinggi, Pusat Pemerintahan, dan Benteng Betawi.

“Jadinya pak Walikota bisa lihat langsung kemacetan di titik – titik tersebut dari Tangerang Live Room. Ke depannya nanti akan kami pasang di sejumlah 33 lokasi persimpangan yang ada di Kota Tangerang,” ucapnya.

Kadishub Kota Tangerang

Terlihat kemacetan mengular di Jalan Sudirman, Kota Tangerang. Arah dari Tanah Tinggi menuju Cikokol atau pun sebaliknya tampak tersendat.

Titik kemacetan terjadi di depan Pasar Induk Tanah Tinggi. ATCS itu terpasang di perempatan lampu merah Tanah Tinggi sehingga petugas dapat memberikan imbauan kepada para pengendara melalui pengeras suara.

“Kami terus melakukan sosialisasi mengenai aturan lalu lintas untuk mengajak pengendara disiplin dan tertib di jalan,” tambahnya.

Ia menambahkan agar jajarannya lebih proaktif dalam memenuhi fasilitas dan sarana berlalu lintas.

“Kami juga akan membangun sinergitas dengan TNI dan Polri agar permasalahan lalu lintas bisa segera ditangani,” ucapnya.

Menurut Syaiful, pihaknya tengah mencari titik permasalahan yang menyebabkan timbulnya kemacetan. Ia berharap dengan mengoptimalkan sistem multimedia ini berbagai problema kesemrawutan arus lalu lintas dapat dipecahkan.

“Kami sedang berkonsentrasi terkait banyaknya parkir liar yang menyebabkan kemacetan panjang. Terus dilakukan penertiban di sejumlah titik, apalagi sekarang bisa terpantau dengan sistem multimedia ini,” kata Syaiful. (Adv)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini