Beranda Berita Bus Trans Anggrek Tangsel Bakal Beralih Fungsi Jadi Bus Sekolah

Bus Trans Anggrek Tangsel Bakal Beralih Fungsi Jadi Bus Sekolah

0
Foto: Bus Trans Anggrek Tangsel

Pemerintah Kota (Pemkot), Tangerang Selatan (Tangsel) menargetkan di tahun 2024 mendatang Bus Trans Anggrek akan bertransformasi menjadi bus sekolah.

Wakil Walikota Tangsel Pilar Saga Ichsan mengatakan, peralihan fungsi dari Bus Trans Anggrek menjadi bus sekolah saat ini masih dalam tahap uji coba mulai dari unit armada hingga pemilihan trayek atau rute.

“Saat ini untuk peralihan fungsi dari bus trans anggrek menjadi bus sekolah masih tahap uji coba. Saya juga sudah bicara dengan Dinas Perhubungan mengenai trayek atau rute yang akan digunakan,” ujar Pilar.

Saat ini dari 5 unit bus trans anggrek dari Dinas Perhubungan, baru 3 yang masih dilakukan uji coba.

“Kita mau lihat bagaimana respon masyarakat dan juga efektivitas dari pada bus itu sendiri serta kita juga akan menghitung untuk jamnya oprasinal dari bus itu sendiri,” jelasnya.

Ia menambahkan, pihaknya sudah merencanakan di tahun 2024, target untuk seluruh public transportation untuk jalur darat, baik itu bus, fider ataupun mobil minibus serta lain sebagainya untuk bisa masuk di jalan besar hingga jalan kecil.

“Saat ini kajian tentang trayek yang terbaru sudah keluar, kita sudah pegang kajian trayek tersebut, Alhamdulillah sudah ada, tinggal kita sekarang urus di Kementerian Perhubungan. Karena izin menggunakan proyek itu di Kementerian perhubungan, apabila sudah ketok palu, maka kita bisa melakukan tahap lelang,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, proses lelang akan diarahkan kepada siapapun perusahaan yang mau masuk.

“Saya harap seprofesional mungkin karena mungkin akan ada sekitar 1000 lebih angkutan umum yang jumlah kuotanya bisa kita tawarkan ke publik,” Jelasnya.

Selain itu jika pada tahap uji coba bus sekolah ini dapat berjalan lancar maka tahun depan akan dianggarkan kembali untuk penambahan armada.

“Untuk beberapa titik-titik halte saya juga minta agar dibuat seaman mungkin buat anak-anak sekolah saat naik turun,” pungkasnya. (Bani)