Home Berita Polisi Ringkus Komplotan Spesialis Pencurian Motor di Tangerang

Polisi Ringkus Komplotan Spesialis Pencurian Motor di Tangerang

0

Polres Metro Tangerang Kota membongkar praktik komplotan pencuri sepeda motor jaringan Tangerang dan Lampung yang telah melancarkan aksinya setidaknya 100 kali di wilayah Tangerang.

“Dari pengakuan para tersangka, mereka sudah melakukan pencurian motor di 100 tempat di wilayah Tangerang Raya,” ungkap Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho pada Kamis (24/11/2022).

Menurut Zain, pengungkapan jaringan ini berawal dari informasi masyarakat. Di mana, terdapat salah satu sepeda motor yang mencurigakan diparkirkan di salah satu penitipan motor kawasan Curug, Kabupaten Tangerang.

Setelah dilakukan pengecekan ke Samsat oleh petugas ternyata benar, sepeda motor jenis Honda Beat tersebut adalah motor curian.

“Hal itu berdasarkan keterangan pemiliknya, bila motornya hilang satu hari lalu saat terparkir di daerah Kelapa Dua,” terang Zain.

Atas informasi tersebut, Polisi melakukan pemantauan di tempat penitipan sepeda motor tersebut. Selanjutnya, pada saat penitip mengambil motor curian itu, Polisi langsung melakukan penyergapan.

“Kami berhasil meringkus pria berinisial AN, IB dan RP. Sementara A dan AB masih buron alias DPO,” ujar Zain.

Zain menjelaskan, tersangka AN adalah berperan sebagai joki, IB sebagai pemetik, kemudian RP adalah sopir pikap yang mengangkut motor curian ke Lampung.

“Dari hasil pengembangan kami juga menyita 11 motor curian dan alat-alat pelaku kejahatan,” kata Zain.

Zain mengungkapkan, terdapat beberapa jenis motor yang jadi target komplotan tersebut untuk digasak. Seperti motor jenis Beat, Vario, dan Vixion karena paling laku dan cepat terjual.

“Ketiga itu motor paling cepat sekali dijual, pasti langsung ada yang beli. Selain matik gampang untuk dibobol. Mereka komplotan ini juga tak jarang mendapatkan orderan (jenis) motor untuk dicuri,” tutur Kapolres.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, para tersangka disangkakan Pasal 363 ayat ke-4 dan 5 KUHP Jo 55 KUHP tentang Pencurian dengan ancaman tujuh tahun penjara. (Rmt)